Cara Mengirim Lamaran Lewat Email, Agar Dilirik HRD

Cara Mengirim Lamaran Lewat Email, Agar Dilirik HRD


Mengirim lamaran kerja melalui email memang  terlihat praktis dan mudah. Namun, apakah Anda sudah tahu bagaimana cara melamar kerja lewat email yang baik dan benar?

Berikut Haisawit Media membagikan tips mengirim lamaran kerja lewat email berdasarkan presentasi dari HRD di berbagai seminar karir baik yang diselenggarakan oleh Haisawit maupun dari berbagai perusahaan, Instansi, dan komunitas.

1. Email Tujuan

Alamat email yang Anda gunakan harus mencerminkan bahwa Anda adalah seorang profesional. Cantumkan foto sopan (tidak harus formal) dan gunakan nama email yang merepresentasikan nama Anda. Jangan gunakan alamat email alay yang biasa Anda gunakan untuk daftar akun game online. Bisa jadi email yang seperti itu, bukanya dibaca, malah masuk ke folder spam.


2. Judul (Subjek) Email

Judul email atau subjek email harus ditulis dan jelas tujuannya.

Contoh 1:
PT. Sejahtera Plantation Tbk sedang membuka lowongan kerja untuk posisi Staff Administrasi (Kode: ADMIN). Jika Anda berminat dan memenuhi kualifikasi di atas, silahkan kirimkan  berkas Anda ke email berikut ini: recruitment@abcdefghi.co.id, dengan subjek email: Kode Lamaran - Nama - Domisili.

Cara penulisan Subjek atau Judul Email berdasarkan contoh kasus 1 di atas, yaitu sebagai berikut: ADMIN - Muhammad Fulan - Jakarta

Contoh 2:
PT. Sejahtera Plantation Tbk sedang membuka lowongan kerja untuk posisi Staff Administrasi. Jika Anda berminat dan memenuhi kualifikasi di atas, silahkan kirimkan  berkas Anda ke email berikut ini: recruitment@abcdefghi.co.id.

Cara penulisan Subjek atau Judul Email berdasarkan contoh kasus 2 di atas, bisa seperti ini:
  • Lamaran Kerja Staff Administrasi - Muhammad Fulan
  • Lamaran Kerja Staff Administrasi - Fulan - Universitas XYZ
  • Dst

3. Alamat Perusahaan yang Dituju

Dibagian pertama Anda harus tulis nama penerima dan alamat lengkap perusahaan yang akan Anda tuju. Nah, untuk nama penerima kalau Anda tidak tahu nama HRD-nya, Anda bisa tulis dengan “Bapak/Ibu”, saja.

Contohnya:
Yth. Bapak/Ibu HRD PT. Sejahtera Plantation Tbk
Di Tempat


4. Salam dan Pembuka

Salam pembuka biasanya ditulis dengan kalimat, “Dengan hormat”. Umumnya, Anda bisa jelaskan dari mana informasi lowongan pekerjaan tersebut Anda dapatkan. Contoh:

Dengan hormat,

Berdasarkan informasi yang saya dapatkan dari instagram @lokersawit, bahwa PT. Sejahtera Plantation Tbk sedang membuka lowongan kerja untuk posisi Staff Administrasi.

Pada dasarnya tips yang kami bagikan tidak harus sama persis. Bisa dengan gaya dan cara Anda sendiri. Yang tidak boleh adalah bodi email kosong dan isinya asal-asalan. Selain itu, saat Anda mengirim email lamaran kerja sangat penting memperhatikan etika saat melamar pekerjaan. Mulai dari penggunaan email dengan nama profesional, menyiapkan berkas lamaran, menulis email, waktu (jam) pengiriman email, dll.

5. Biodata Singkat

Dibagian ini Anda bisa isi dengan data diri. Tuliskan nama lengkap Anda, tempat dan tanggal lahir (atau umur), jenis kelamin, alamat/domisili, serta pendidikan terakhir, nomor telepon/HP. Contoh

Berikut identitas saya:
Nama : Muhammad Fulan
Umur : 22 Tahun
Jenis Kelamin: Laki-laki
Domisili: Jakarta
Pendidikan Terakhir : S1 Administrasi Bisnis
No. HP : 0822xxxx1234


6. Kualifikasi & Lampiran

Di bagian ini, Anda bisa jelaskan juga kemampuan yang dimiliki, baik itu softskill maupun hardskill. Atau sampaikan kualifikasi bahwa kemampuan Anda sesuai dengan kualifikasi di iklan lowongan kerja. Serta informasikan berkas pendukung yang sekiranya di perlukan. Contoh,

Dengan penuh semangat, saya sangat tertarik untuk mengisi posisi tersebut karena sesuai dengan skill dan kemampuan saya, saya lulusan baru S1 Program Studi Administrasi Bisnis dengan IPK 3.55. Sebagai pertimbangan berikut saya lampirkan CV, Lamaran Kerja, Surat Keterangan Lulus, Transkrip Nilai, dan berkas pendukung lainnya.


7. Penutup

Di bagian penutup email, Anda bisa jelaskan bahwa Anda memiliki harapan yang besar agar diterima di perusahaan tersebut. Jangan lupa juga untuk mengucapkan terima kasih. Contoh,

Besar harapan saya untuk bisa diberi kesempatan mengikuti tes seleksi dan wawancara, atas perhatiannya saya sampaikan terima kasih.

Hormat saya,
(Muhammad Fulan)

Baca berkali-kali email lamaran kerja Anda sebelum dikirim untuk memastikan tidak ada salah ketik atau ejaan. Pastikan juga resume atau CV dan berkas yang dipersyaratkan agar dilampirkan sebagai penguat.

Contoh lengkap penulisan lamaran kerja via email:

Kepada Yth.
Pimpinan PT. Sejahtera Plantation
Di Tempat

Dengan hormat,

Berdasarkan informasi yang saya dapatkan dari instagram @lokersawit, bahwa PT. Sejahtera Plantation sedang membuka lowongan kerja untuk posisi Staff Administrasi.

Berikut identitas saya:
Nama : Muhammad Fulan
Umur : 22 Tahun
Jenis Kelamin: Laki-laki
Domisili: Jakarta
Pendidikan Terakhir : S1 Administrasi Bisnis
No. HP : 0822xxxx1234

Dengan penuh semangat, saya sangat tertarik untuk mengisi posisi tersebut karena sesuai dengan skill dan kemampuan saya, saya lulusan baru S1 Program Studi Administrasi Bisnis dengan IPK 3.55. Sebagai pertimbangan berikut saya lampirkan CV, Lamaran Kerja, Surat Keterangan Lulus, Transkrip Nilai, dan berkas pendukung lainnya.

Besar harapan saya untuk bisa diberi kesempatan mengikuti tes seleksi dan wawancara, atas perhatiannya saya sampaikan terima kasih.

Hormat saya,
(Muhammad Fulan)

Lebih baru Lebih lama