Tips Wawancara Kerja - Tips Pada Saat dan Sebelum Wawancara, Oleh Afra Adzani Ketua Rekruter Indonesia Bersatu (RIB)


Wawancara kerja (job interview) adalah salah satu tahapan yang harus dilalui dalam melamar pekerjaan di suatu perusahaan. Berikut ini kami bagikan tips wawancara yang disampaikan oleh Ibu Afra Adzani, Ketua Rekruter Indonesia Bersatu (RIB). Simak dibawah ini.

Salah satu pertanyaan wawancara yang menantang: "Kenapa Anda adalah orang yang tepat untuk posisi ini?" 

Pertanyaan di atas cukup sering ditanyakan kepada kandidat pada saat wawancara. Apa yang sebaiknya teman-teman jawab?

Ketika sebuah perusahaan mencari seorang karyawan, perusahaan ingin mempekerjakan kandidat terbaik dari seluruh kandidat yang melamar.

Sebelum Wawancara;

  1. Pastikan membaca 'Deskripsi Pekerjaan' (DP) yg terdapat pada lowongan kerja dengan seksama. Jika tidak ada, coba cari di Google nama posisi yg dilamar dan carilah DPnya.
  2. Pelajari 'Kualifikasi' bagian Pendidikan dan/atau Hard skill yg paling dibutuhkan dari perspektif perusahaan.
  3. Ketahui poin-poin apa saja yg paling menonjol atau pencapaian-pencapaian yang dimiliki oleh teman-teman yang berkaitan dengan 'Kualifikasi'.
  4. Persiapkan diri dengan jawaban-jawaban atas pertanyaan-pertanyaan yg relevan dgn 'Kualifikasi' yang dimana teman-teman memenuhinya.

Pada Saat Wawancara, hal-hal yang perlu teman-teman yakinkan kepada pewawancara adalah bahwa teman-teman;

  • Memiliki kombinasi pendidikan dan/atau kemampuan (hard skill dan soft skill) dan/atau pengalaman yang relevan dengan 'Kualifikasi' dari perusahaan
  • Dapat berkontribusi dan memberikan hasil yang diharapkan oleh perusahaan
___
Tips diatas telah di bagikan Ibu 
Afra Adzani melalui akun LinkedInnya. Dan sudah mendapat persetujuan dari Ibu Afra Adzani untuk dibagikan di haisawit. Semoga bermanfaat untuk teman-teman semua.

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama