Profil Perusahaan Sawit - PT Austindo Nusantara Jaya Tbk

PT Austindo Nusantara Jaya Tbk. (ANJ) merupakan perusahaan induk dengan kegiatan utama bergerak di bidang produksi dan penjualan minyak kelapa sawit, inti sawit dan hasil pangan berkelanjutan lainnya.

ANJ didirikan pada tanggal 16 April 1993 dengan nama PT Austindo Teguh Jaya (ATJ). Nama Perseroan kemudian diubah menjadi PT Austindo Nusantara Jaya (ANJ) pada tanggal 16 Juli 1998. Pada tahun 2012, ANJ mulai berkonsentrasi pada sektor minyak kelapa sawit seraya memulai bisnis baru yang bersumber dari hasil pangan lainnya, dalam rangka mendukung visi kami untuk menjadi perusahaan pangan berbasis agribisnis berkelas dunia. Bagian kedua dari visi tersebut, yaitu menjadi perusahaan yang meningkatkan kesejahteraan hidup masyarakat dan alam, mencerminkan komitmen kuat kami untuk mencapai keseimbangan yang berkelanjutan antara tanggung jawab ekonomi, sosial dan lingkungan sehingga seluruh masyarakat dan alam dapat berkembang dan sejahtera. 

Perusahaan tercatat di Bursa Efek Indonesia pada 2013 dengan menawarkan 10% saham pada saat Penawaran Saham Perdana. Pengalaman, keahlian dan keberhasilan operasional Perusahaan telah membuahkan ekspansi bisnis, sehingga tak hanya kelapa sawit, saat ini ANJ juga mengembangkan pemanenan sagu dan proses pengolahannya menjadi tepung sagu, budidaya edamame segar bekerjasama dengan petani binaan serta menjalin kemitraan strategis dengan AJI HK Limited untuk memfasilitasi ekspansi pasar ekspor edamame beku ke wilayah Asia Pasifik. 

ANJ berkomitmen untuk terus meningkatkan inovasi dan efisiensi di seluruh lini bisnisnya. Upaya untuk meningkatkan produktivitas juga diseimbangkan dengan komitmen Perusahaan terhadap pelestarian lingkungan dan peningkatan kesejahteraan masyarakat.

Anak perusahaan kunci terbagi dalam bidang bisnis perkebunan kelapa sawit, pemanenan dan pengolahan sagu, budidaya edamame, energi terbarukan, dan lain-lain.

Khusus bidang bisnis perkebunan kelapa sawit saat ini ANJ memiliki empat perkebunan kelapa sawit yang telah menghasilkan: dua perkebunan di Sumatera Utara, satu di Pulau Belitung yang terletak di lepas pantai timur Sumatera dan satu di Kalimantan Barat.

  1. Perkebunan Sumatera Utara I Perkebunan kelapa sawit seluas 9.935 hektare di Binanga, Sumatera Utara yang dioperasikan oleh anak perusahaan kami, PT Austindo Nusantara Jaya Agri (ANJA).
  2. Perkebunan Sumatera Utara II Perkebunan kelapa sawit seluas 9.412 hektare di Padang Sidempuan, Sumatera Utara yang dioperasikan oleh anak perusahaan kami, PT Austindo Nusantara Jaya Agri Siais (ANJAS).
  3. Perkebunan Pulau Belitung Perkebunan kelapa sawit seluas 17.395 hektare di Pulau Belitung, Bangka Belitung yang dioperasikan oleh anak perusahaan kami, PT Sahabat Mewah dan Makmur (SMM).
  4. Perkebunan Kalimantan Barat Perkebunan kelapa sawit seluas 13.878 hektare di Ketapang, Kalimantan Barat yang dioperasikan oleh anak perusahaan kami, PT Kayung Agro Lestari (KAL).
Perkebunan ANJA, ANJAS dan SMM telah berproduksi dan menghasilkan tanaman buah kelapa sawit yang matang. Masing-masing perusahaan tersebut juga mengoperasikan pabrik pengolahan kelapa sawit dengan kapasitas 60 ton per jam.

Perkebunan KAL yang ditanami lebih akhir telah melakukan pemanenan perdana pada 2014. Pabrik pengolahan kelapa sawit dengan kapasitas 2 x 45 ton per jam diselesaikan pada Oktober 2016 dan lini pertama telah beroperasi penuh sejak November 2016.

Cadangan Lahan Sumatera Selatan dan Papua Barat ANJ juga telah memulai penanaman di cadangan lahan yang dimiliki di Sumatera Selatan dan Papua Barat. 

  1. Cadangan lahan seluas 12.800 hektare di Empat Lawang, Sumatera Selatan yang dioperasikan PT Galempa Sejahtera Bersama (GSB) telah mulai ditanami sejak kuartal kedua 2013.
  2. Cadangan lahan seluas 91.209 hektare terletak di hamparan tiga area di Sorong Selatan dan Maybrat, Papua Barat dan dioperasikan ANJ, PT Permata Putera Mandiri (PPM), dan PT Putera Manunggal Perkasa (PMP).  
ANJ adalah anggota Roundtable on Sustainable Palm Oil (RSPO). Anak perusahaan yang telah memperoleh sertifikat RSPO adalah ANJA, ANJAS dan SMM. Sedangkan KAL saat ini sedang dalam tahap akhir proses sertifikasi RSPO.

Seluruh perkebunan yang sedang berada di tahap pembangunan juga mengikuti standar RSPO.  Setelah beroperasi secara komersial, perkebunan tersebut pada gilirannya juga akan melakukan proses sertifikasi.

  • Sumber: https://anj-group.com/id/beranda
  • Diakses 09 Desember 2020
Wilayah Operasional Perkebunan Kelapa Sawit ANJ Group

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama