Beasiswa - Pendaftaran Beasiswa Politeknik Manufaktur Astra Tahun Akademik 2021/2022 (Sampai 15 Januari 2021)

Haisawit, Info Beasiswa - Politeknik Manufaktur Astra (Polman Astra) dibawah naungan Yayasan Astra Bina Ilmu (YABI) kembali membuka Program Beasiswa Prestasi - Beasiswa Peduli untuk tahun akademik 2021/2022.

Politeknik Manufaktur Astra memiliki berbagai program studi yang sangat dibutuhkan dalam industri manufaktur saat ini, yaitu (Program Diploma 3):

1. Pembuatan Peralatan dan Perkakas Produksi.

Pembuatan Peralatan dan Perkakas Produksi (P4) merupakan program studi Teknik Mesin yang menghasilkan lulusan trampil dalam bidang perancangan, reverse engineering, prototyping dan pembuatan peralatan presisi. Menguasai CAD/CAM/CAE, Reverse Engineering, Prototyping, Metalografi, Heat Treatment, CNC, CMM serta mampu melakukan supervisi dan pengendalian pada rangkaian proses produksi.

2. Teknik Produksi dan Proses Manufaktur.

Program Studi ini membekali lulusannya dengan kemampuan bidang proses manufaktur pada unit perencanaan dan pengendalian dalam proses-proses produksi. Lulusan program studi Teknik Produksi dan Proses Manufaktur (TPM) merupakan tenaga terampil dalam bidang manufaktur yang mampu merencanakan, mengoperasikan, mengendalikan dan supervisi dalam proses manufaktur, agar proses produksi berjalan lancar sesuai dengan rencana dan menghasilkan produk sesuai dengan spesifikasi yang telah ditetapkan dengan tetap memperhatikan efisiensi & produktifitas, ketepatan pengiriman, keselamatan dan kesehatan kerja & lingkungan, serta moral pekerja, yang dalam dunia manufaktur dikenal dengan kriteria QCDSM (Quality, Cost, Delivery, Safety dan Moral).

3. Manajemen Informatika

Titik berat program studi ini adalah proses pengembangan dan pengelolaan sistem informasi beserta teknologi informasinya. Beberapa mata kuliah dalam kurikulum prodi SI menerapkan penggunaan teknologi informasi dari vendor ternama

4. Mesin Otomotif
  • Pemeliharaan Mesin Otomotif (Kendaraan Ringan). Membekali lulusannya dengan kompetensi bidang otomotif dikombinasikan dengan manajemen otomotif untuk memenuhi kebutuhan tenaga ahli madya di bidang servis dan perawatan.
  • Pemeliharaan Mesin Otomotif (Alat Berat). Membekali lulusannya dengan kemampuan bidang perbaikan dan perawatan alat berat (Excavator, Dump truck, Backhoe, Bulldozer dan lain-lain) Teknik Alat Berat menitikberatkan kegiatan pada pendidikan ketrampilan dan ketelitian dengan sarana memadai dan dukungan industri alat berat Astra serta pola link & match, menjadikan lulusan TAB sebagai tenaga kerja handal dalam perbaikan dan perawatan alat berat.
5. Mekatronika

Di Program Studi Mekatronika, mahasiswa mempelajari beberapa ilmu terapan bidang teknik elektronika, sistem kontrol industri, mekanik dan teknologi informasi. Penguatan pembelajaran berada pada sistem otomasi dalam penerapan di industri, untuk mendukung penerapan teknologi industri 4.0. 

6. Teknologi Konstruksi Bangunan Gedung

Lulusan Program Studi Diploma III-Teknologi Konstruksi Bangunan Gedung (TKBG) merujuk kepada bidang pekerjaan atau jenis pekerjaan yang berkaitan langsung dengan industri. Yang nantinya dapat berkontribusi langsung dan siap untuk ditempatkan pada perencanaan, pelaksanaan dan pengawasan proyek bangunan gedung

Persyaratan beasiswa:

  1. Warga Negara Indonesia, usia maksimal 19 tahun, dibuktikan dengan fotokopi akta kelahiran dan kartu keluarga.
  2. Lulusan SMA/SMK tahun 2021 atau saat ini sedang menempuh kelas XII (dibuktikan dengan surat keterangan siswa aktif tahun ajaran 2020/2021 yang ditandatangani Kepala Sekolah).
  3. Lebih diutamakan siswa SMA jurusan MIPA, SMK bidang keahlian Teknologi dan Rekayasa, serta bidang keahlian Teknologi Informasi.
  4. Sehat jasmani (tidak menderita penyakit yang terkait paru-paru, hati dan jantung) dan rohani serta tidak buta warna. Untuk pilihan program studi Mesin Otomotif (Peminatan Kendaraan Ringan), tidak memiliki masalah indra pendengaran. Khusus untuk program studi Mesin Otomotif (Peminatan Alat Berat), tidak memiliki masalah indra pendengaran, diutamakan laki-laki, dan memiliki tinggi badan minimum 160 cm.
  5. Nilai rapor semester 1 s/d 4 kelas X dan Xl berada pada rata rata minimal 75 (B) dan tidak ada nilai di bawah 75 (B), untuk mata pelajaran Matematika, Fisika, Bahasa Inggris.
  6. Menunjukkan bukti penghasilan orangtua berupa slip gaji (surat keterangan penghasilan) atau surat keterangan tidak mampu dari pejabat yang berwenang (dibawa saat seleksi wawancara).
  7. Melakukan pendaftaran secara online.
  8. Mengunggah pas foto berwarna (bentuk portrait berpakaian formal) dengan ukuran file maksimum 500KB.
  9. Mempersiapkan dokumen rekening listrik bulan terakhir (dibawa saat seleksi wawancara).
  10. Mempersiapkan dokumen surat keterangan siswa aktif tahun ajaran 2020/2021 (surat diterbitkan bulan Februari 2021 dan dibawa saat seleksi wawancara).
  11. Tidak sedang atau akan mendapat beasiswa dari sumber lain. Persyaratan administrasi ini menjadi acuan utama untuk proses selanjutnya.
Peserta yang tidak memenuhi persyaratan umum akan digugurkan dari proses seleksi. Informasi pendaftaran silakan lihat pada brosur beasiswa dibawah ini.


Brosur Beasiswa Polman Astra 2021/2020

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama