Beasiswa - Raih Kesempatan Beasiswa Full SPP & SPI 100% Kuliah di Universitas Pertamina Tahun 2021

Haisawit, Info Beasiswa - Universitas Pertamina memiliki program Beasiswa Ekonomi di peruntukkan bagi lulusan SMA sederajat yang lulus tahun 2021, 2020, dan 2019 yang memiliki prestasi akademik sangat baik namun MEMILIKI KESULITAN EKONOMI. Beasiswa diberikan selama maksimal 8 (delapan) semester masa studi dengan evaluasi setiap tahun.

Tipe Beasiswa Ekonomi Universitas Pertamina  Tahun Akademik 2021/2022, yaitu tipe 1 adanya pembebasan 100% SPI dan Pembebasan 100% SPP, tipe 2 dengan pembebasan 100% SPI dan pembebasan 50% SPP.

Berikut prosedur pendaftaran Beasiswa Ekonomi Universitas Pertamina Tahun Akademik 2021/2022:

  1. Calon Mahasiswa mendaftar Jalur Seleksi Nilai Rapor (SNR) Universitas Pertamina Periode I (Pendaftaran dibuka 15 November 2020) atau SNR Periode Periode II (Pendaftaran dibuka pada pertengahan Januari 2021).
  2. Calon Mahasiswa melaksanakan pembayaran biaya pendaftaran SNR-UP melalui bank yang ditunjuk untuk mendapatkan nomor peserta. Calon Mahasiswa melengkapi data diri, memilih program beasiswa dan mencetak kartu peserta seleksi.
  3. Calon Mahasiswa yang memilih program beasiswa ekonomi dipersilakan mengunduh serta melengkapi formulir yang tersedia di halaman ini untuk kemudian mengirimkannya melalui email ke alamat : beasiswa@universitaspertamina.ac.id cc beasiswa.up@gmail.com bersama berkas.

Berkas yang harus dikirim melalaui email pendaftaran yaitu:

  1. Scan (bukan foto) Formulir Pengajuan Beasiswa Ekonomi UP 2021/2022 yang telah dilengkapi dan ditandatangani di atas meterai Rp 6.000. Formulir Pengajuan Beasiswa Ekonomi UP dapat diunduh di bagian paling bawah Prosedur Pendaftaran Beasiswa Ekonomi;
  2. Scan (bukan foto) Kartu Indonesia Pintar (KIP) atau Surat Keterangan Miskin (SKM) atau Surat Keterangan Tidak Mampu (SKTM) dari Kelurahan tempat calon mahasiswa tinggal terbaru (diurus tidak lebih dari tiga bulan sebelum pengajuan beasiswa);
  3. Scan (bukan foto) Kartu Keluarga (KK);
  4. Scan (bukan foto) KTP/Kartu Pelajar calon mahasiswa;
  5. Scan (bukan foto) KTP kedua orang tua;
  6. Scan (bukan foto) Slip Gaji orangtua 3 (tiga) bulan terakhir atau surat keterangan pengganti slip gaji (untuk orangtua yang bekerja sebagai petani, pedagang, atau profesi lain yang tidak ada slip gaji bulanan) yang diterbitkan oleh KELURAHAN tempat calon mahasiswa tinggal;
  7. Scan (bukan foto) bukti pembayaran rekening listrik rumah tinggal calon mahasiswa 3 (tiga) bulan sebelum periode seleksi (bukti bayar listrik bulan Agustus, September dan Oktober 2020 untuk peserta SNR Periode I, atau bukti bayar bulan Desember 2020, Januari dan Februari 2021 untuk peserta SNR Periode II Tahun 2021);
      • *Jika listrik di rumah tinggal calon mahasiswa pengaju beasiswa ekonomi adalah listrik pra-bayar (menggunakan token), silakan datang ke kantor PLN terdekat untuk mencetak penggunaan listrik pada bulan yang dipersyaratkan.
      • **Jika calon mahasiswa pengaju beasiswa ekonomi tinggal di rumah sewa, dimana sewa yang dibayarkan sudah meliputi pembayaran listrik, diperkenankan meminta surat keterangan pengganti bukti pembayaran rekening listrik di kelurahan setempat.
      • ***Jika tagihan listrik adalah 0 sebagai kompensasi dari Pemerintah di masa pandemi, silahkan membuat surat pernyataan yang ditandatangani oleh Lurah atau RT/RW setempat.
  8. Scan (bukan foto) tagihan PBB rumah tinggal calon mahasiswa tahun 2020;
      • *Jika calon mahasiswa pengaju beasiswa ekonomi tinggal di rumah yang bukan milik pribadi (sewa atau tinggal dengan keluarga lain), silakan meminta surat keterangan pengganti tagihan PBB dari kelurahan setempat.
  9. Karya tulis 4 (empat) paragraf yang terdiri tidak kurang dari 600 (enam ratus) kata dan tidak lebih dari 1000 (seribu) kata dengan tema “Mengapa Saya Layak Mendapatkan Beasiswa Ekonomi Universitas Pertamina.”;
  10. Scan (bukan foto) maksimal tiga sertifikat prestasi terbaik (opsional); dan
  11. Foto bagian depan dan ruang tengah rumah tinggal calon mahasiswa
Seluruh berkas disimpan dalam format .pdf dengan UKURAN MAKSIMAL SETIAP POIN BERKAS adalah 750 KB (tujuh ratus lima puluh Kilobyte). Format penamaan setiap poin berkas adalah: [nomor berkas]_[jenis berkas]_[nama pengaju beasiswa]_[nomor ujian] | contoh: [02]_SKM_Jimmy Hendrik_123456789.pdf.

Seluruh berkas yang telah diubah ke dalam format .pdf dikumpulkan dalam 1 folder dan di-compress dalam format .zip atau .rar atau .7zip atau .7z dan diberikan nama folder: [nama pengaju beasiswa]_[nomor ujian] contoh: Jimmy Hendrik_123456789.rar.  UKURAN MAKSIMAL LAMPIRAN BERKAS adalah 10 MB (sepuluh Megabyte).
  • Calon mahasiswa mengirimkan seluruh berkas pengajuan beasiswa selambat-lambatnya tanggal 25 Desember 2020 pukul 12.00 WIB (siang) untuk peserta SNR-UP Periode I atau 20 Maret 2021 pukul 12.00 WIB (siang) untuk peserta SNR-UP Periode II ke email beasiswa@universitaspertamina.ac.id cc beasiswa.up@gmail.com. Kegagalan atau keterlambatan calon mahasiswa mengumpulkan berkas akan menyebabkan pengajuan beasiswa tidak diproses (nama calon mahasiswa tersebut akan dicoret dari daftar pengaju Beasiswa Ekonomi UP 2021/2022) dan menjadikan calon mahasiswa tersebut sebagai calon mahasiswa program reguler.
  • Ketidakmampuan calon mahasiswa pengaju beasiswa untuk mengikuti segala aturan yang telah ditetapkan oleh panitia akan menyebabkan tidak diterimanya berkas pengajuan beasiswa tanpa pemberitahuan terlebih dahulu.
  • Panitia Seleksi Beasiswa Ekonomi UP 2021/2022 akan melakukan seleksi dan mengumumkan hasil seleksi beasiswa ekonomi SNR Periode I dan SNR Periode II secara bersamaan pada pertengahan bulan Juni 2021.
Calon Mahasiswa yang dinyatakan tidak layak mendapatkan Beasiswa Ekonomi dapat mendaftar ulang sebagai mahasiswa UP program reguler (pembayaran selambat-lambatnya dilakukan sebelum 31 Juli 2021).

Timeline Pendaftaran dan Seleksi Beasiswa Universitas Pertamina Angkatan 2021 dapat Anda lihat melalui link berikut: https://universitaspertamina.ac.id/beasiswa/#beasiswa-ekonomi.

Sekilas tetang Universitas Pertamina (UP). UP didirikan berdasarkan Surat Keputusan (SK) Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi No. 60/KPT/I/2016 yang diterbitkan pada 1 Februari 2016 tentang izin pendirikan Universitas Pertamina. Sementara, peresmian universitas dilakukan pada 11 Februari 2016 oleh Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidkan Tinggi dan Direktur Utama PT. Pertamina (Persero), yang didukung oleh Menteri Badan Usaha Milik Negara dan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral.

Sumber Informasi:
Diakses 18 Desember 2020.

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama